Universitas Kristen Papua : Jln F.Kalasuat Malanu, Sorong, Papua Barat, Indonesia.

PROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESIN


Visi :
PROGRAM STUDI YANG UNGGUL DI PAPUA DITAHUN 2025, PROFESIONAL DALAM PENGELOLAAN TEKNIK PRODUKSI BERBASIS PERMESINAN

Misi :
Program Studi Teknik Mesin mengembangkan misi melalui proses belajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna memenuhi pembangunan regional dan nasional untuk :
  1. Menjadikan program studi yang berkualitas, kompetitif dan memiliki intgritas tinggi. dalam fungsinya sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada permesinan berbasis industri
  2. Meningkatkan kemampuan akademik untuk mengamati, menganalisis serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang ilmu teknik mesin, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak dan berbudi luhur serta berbudaya Indonesia.
  3. Produktif dalam merancang suatu konstruksi mesin demi kesejahteraan masyarakat Indonesia
  4. Proaktif sebagai peneliti dan pemikir yang professional dalam teknik mesin, pengawas serta pengelolaan suatu unit produksi serta industri berbasis pemesinan.

Tujuan :
  1. Menyelengarakan sistem pendidikan yang berkualitas, kompetitif dan memiliki integritas tinggi untuk memenuhi kebutuhan stakeholder di Papua ditahun 2025.
  2. Menghasilkan peneliti-peneliti yang handal dibidang permesinan yang hasil penelitiannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana Teknik yang kompoten serta professional dibidang pemesinan baik itu menganalisis permasalahan, mereparasi dan memproduksi serta sebagai pelaksana dan pengelola unit produksi dan industri berbasis pemesinan.

Sasaran dan Strategi :
Sasaran
  1. Tercapainya program studi yang berkualitas, kompetitif dan memiliki intgritas tinggi. dalam fungsinya sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada permesinan berbasis industri
  2. Tercapainya peningkatkan kemampuan akademik untuk mengamati, menganalisis serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang ilmu teknik mesin, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak dan berbudi luhur serta berbudaya Indonesia.
  3. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang memiliki kemampuan akademik dan atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Strategi Pencapaian :
  1. Peningkatan Kualifikasi dosen dengan studi lanjut.
  2. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakatbagi setiap dosen
  3. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan stakeholder serta meningkatkan kerjasama
  4. Pengembangan soft skill yang lebih intensif, pengembangan nilai-nilai spiritual melalui ibadah civitas akademika
     
Strategi Pencapaian sasaran tersebut digambarkan dalam Rencana Strategis dengan tahapan waktu yang jelas dan realisitis sehingga menjadi Fakultas yang terbaik tahun 2025 di Papua