Universitas Kristen Papua : Jln F.Kalasuat Malanu, Sorong, Papua Barat, Indonesia.

PROGRAM STUDI S1 ILMU PERIKANAN : 

Visi : 
"Terwujudnya Prodi Perikanan berbasis Perikanan Berkelanjutan dengan menititikberatkan pada pemberdayaan masyarakat pesisir sehingga menjadi program studi yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Papua Barat pada  tahun 2022."

Misi : 
  1. Menyelenggarakan Tridharma PT. yang bermutu tinggi dalam bidang perikanan
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang  menitikberatkan pada pembentukan SDM berkualitas serta memiliki kemampuan dalam memahami, menguasai, dan menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Perikanan berbasis perikanan berkelanjutan dengan menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat pesisir.
  3. Menghasilkan sarjana Perikanan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Menghasilkan Sarjana Perikanan yang mampu mengolah dan mengelola sumberdaya perairan dan kawasan pesisir dengan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki


Tujuan : 

  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas sesuai kebutuhan stakeholder.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai intelektual tinggi yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menggunakan pengetahuan ilmu-ilmu dasar dan ilmu Perikanan yang professional, berdaya saing dan sesuai kebutuhan stakeholder.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya perairan dan kawasan pesisir, budidaya perikanan, penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan lestari
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan guna meningkatkan  kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan – kegiatan produktif demi pengembangan ekonomi nasional.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menghimpun dan mengarahkan masyarakat dan/atau pelaku perikanan dalam memecahkan masalah – masalah dibidang perikanan. 


Sasaran Dan Strategi : 

Sasaran program studi Perikanan adalah :

  1. Meningkatkan jumlah lulusan dengan masa studi 4 tahun.
  2. Pencapaian prestasi akademik melalui peningkatan IPK yang semula 2.75 menjadi 3.00
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas di bidang perikanan serta penelitian terapan di masyarakat
  4. Menghasilkan program-program pengabdian masyarakat yang berguna bagi masyarakat pesisir perikanan
  5. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai intelektual tinggi yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menggunakan pengetahuan ilmu-ilmu dasar dan ilmu Perikanan yang profesional, berdaya saing yang mamupu diserap oleh berbagai instansi.
  6. Dihasilkannya lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya perairan dan kawasan pesisir, budidaya perikanan, penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan lestari.
  7. Dihasilkannya lulusan yang mampu yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan guna meningkatkan  kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan – kegiatan produktif demi pengembangan ekonomi nasional.
  8. Dihasilkannya lulusan yang mampu menghimpun dan mengarahkan masyarakat dan/atau pelaku perikanan dalam memecahkan masalah – masalah dibidang perikanan.
  9. Menciptakan satu komoditi yang menjadi andalan program studi yaitu mangrove yang sudah mulai dijalankan pada tahun 2015 melalui penelitian mahasiswa dan dosen sesuai road map penelitian dimulai dari indeks keragaman dan organisme ekosistem mangrove

Strategi Pencapaian :

  1. Perbaikan kualitas dosen melalui studi lanjut dan perbaikan sarana prasarana pembelajaran serta melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas.
  2. Menciptakan suasana akademis yang kondusif dalam proses pembelajaran.
  3. Peninjauan kurikulum sesuai kompotensi yang diharapkan, mengikuti perkembangan IPTEK dan kebutuhan stakeholder.
  4. Pengembangan soft skill yang lebih intensif, pengembangan nilai-nilai spiritual melalui ibadah civitas akademika.
  5. Memperluas jaringan kerjasama dengan stakeholder.
  6. Peningkatan jumlah penelitian tentang mangrove.
     

Strategi pencapaian sasaran tersebut tergambar pada Rencana Strategis dan Rencana Operasional dengan tahapan waktu yang jelas dan realistis dari awal Program Studi Perikanan dibuka hingga 5 tahun kedepan sehingga menjadi Prodi yang terbaik tahun 2022 di Papua.