Universitas Kristen Papua : Jln F.Kalasuat Malanu, Sorong, Papua Barat, Indonesia.

PROGRAM STUDI S1 AGRIBISNIS/PERTANIAN



Visi : 

Visi Prodi Pertanian UKiP Sorong adalah terwujudnya Prodi Pertanian yang unggul di Papua tahun 2015, yang menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing dan sesuai kebutuhan stakeholder

Misi :
  1. Menyelenggarakan Tridharma yang berkualitas tinggi dalam bidang pertanian
  2. Menghasilkan sarjana pertanian yang profesional, berdaya saing yang mampu memenuhi tuntutan kebutuhan lapangan kerja dan beriman, bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa
  3. Membentuk pribadi manusia yang mampu memahami, menguasai dan menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk pelayanan masyarakat petani di Tanah Papua.
  4. Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan di bidang pertanian pada kondisi spesifik lokasi di Papua.
Tujuan : 
  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas sesuai kebutuhan stakeholder.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai intelektual tinggi yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menggunakan pengetahuan ilmu-ilmu dasar dan ilmu pertanian yang professional, berdaya saing dan sesuai kebutuhan stakeholder.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil merancang serta melakukan eksperimen termasuk mengolah dan menganalisis data, khususnya masalah-masalah pertanian di Papua.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang suatu sistem atau proses dalam bidang pertanian untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah serta mengembangkan dan menyebarkan di bidang pertanian pada kondisi spesifik lokasi di Papua.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu berbahasa asing (bahasa Mandarin) baik tulisan maupun lisan.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya :

Sasaran program studi pertanian adalah :
  1. Terwujudnya pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas sesuai kebutuhan stakeholder.
  2. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai intelektual tinggi yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menggunakan pengetahuan ilmu-ilmu dasar dan ilmu pertanian yang profesional, berdaya saing dan sesuai kebutuhan stakeholder.
  3. Dihasilkannya lulusan yang mampu dan terampil merancang serta melakukan eksperimen termasuk mengolah dan menganalisis data, khususnya masalah-masalah pertanian di Papua.
  4. Dihasilkannya lulusan yang mampu merancang suatu sistem atau proses dalam bidang pertanian untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  5. Dihasilkannya lulusan yang mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah serta mengembangkan dan menyebarkan di bidang pertanian pada kondisi spesifik lokasi di Papua.
  6. Dihasilkannya lulusan yang mampu berbahasa asing (bahasa Mandarin) baik tulisan maupun lisan.
 
Strategi Pencapaian :
  1. Perbaikan kualitas dosen melalui studi lanjut dan perbaikan sarana prasarana pembelajaran serta melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas.
  2. Menciptakan suasana akademis yang kondusif dalam proses pembelajaran.
  3. Peninjauan kurikulum sesuai kompotensi yang diharapkan, mengikuti perkembangan IPTEK dan kebutuhan stakeholder.
  4. Pengembangan soft skill yang lebih intensif, pengembangan nilai-nilai spiritual melalui ibadah civitas akademika.
 
Strategi pencapaian sasaran tersebut tergambar pada Rencana Strategis dan Rencana Operasional dengan tahapan waktu yang jelas dan realistis sehingga menjadi Prodi yang terbaik tahun 2015 di Papua.