Universitas Kristen Papua : Jln F.Kalasuat Malanu, Sorong, Papua Barat, Indonesia.

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN



Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, disusun berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan,  pada tingkat Program Studi yang kemudian disampaikan ke tingkat Fakultas dan selanjutnya, disampaikan dan dirapatkan pada  tingkat Universitas dengan melibatkan pihak Yayasan, Rektorat, Dekanat, Program Studi, Civitas Akademika, Stakeholder dan alumni. Adapun hasil dari rapat ini ditetapkan oleh Dekan Fakultas Teologi.

Visi : 
Visi Program studi PAK adalah, Terwujudnya Program Studi Pendidikan Agama Kristen yang unggul di kawasan Indonesia Timur  tahun 2015 dan menjadi 5 besar terbaik di Indonesia pada tahun 2025 dengan pertolongan Tuhan.       

Misi : 
Misi Program Studi Pendidikan Agama Kristen mencakup beberapa bagian, yaitu:
  1. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkualitas di bidang Pendidikan Agama Kristen, lewat pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat..
  2. Menciptakan pendidik yang profesional, kompetitif dan memiliki integritas yang tinggi.
  3. Melengkapi mahasiswa sehingga unggul dalam pengetahuan tentang Pendidikan Kristen, unggul dalam karakter yang sesuai dengan didikan Kristen dan cakap dalam mengajarkan Pendidikan Agama Kristen.

Tujuan :
  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Agama Kristen yang berkualitas, berdaya saing, dan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  2. Menghasilkan teolog dan pengajar yang professional, kompetitif dan memiliki intregitas yang tinggi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Menghasilkan pendidik Kristen yang unggul:
    1. Dalam pengetahuan tentang Pendidikan Agama Kristen       
    2. Dalam karakter yang sesuai dengan didikan Kristen
    3. Cakap untuk mengajarkan pendidikan Agama Kristen

Strategi Dan sasaran : 
  1. Terwujudnya sistem pendidikan ekonomi manajemen yang berdaya saing di era global.
  2. Dihasilkannya penelitian-penelitian ekonomi manajemen dan mampu diaplikasikan di masyarakat.
  3. Terwujudnya Fakultas Ekonomi sebagai pusat pengembangan ilmu ekonomi manajemen dan aplikasinya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Papua.
  4. Dihasilkannya luaran yang professional di bidang ekonomi manajemen yang mandiri, bersifat terbuka, dan tanggap terhadap perubahan/perkembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi.
  5. Dihasilkannya luaran yang memiliki integritas, etika dan berkepribadian unggul dalam mengembangkan ekonomi manajemen
 
Strategi Pencapaian :
Sasaran dari program studi Pendidikan Agama Kristen meliputi:
  1. Tercapainya Program Studi Pendidikan Agama Kristen terbaik di Indonesia Timur tahun 2015 dan menjadi 5 besar terbaik di Indonesia tahun 2025.
  2. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Agama Kristen yang berkualitas, berdaya saing, dan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kepribadian yang memiliki kasih dan beriman pada Yesus Kristus.
  4. Dihasilkannya lulusan yang memiliki keunggulan dalam pengetahuan dan ketrampilan tentang Pendidikan Kristen.
  5. Dihasilkannya lulusan yang memiliki keunggulan dalam teknik-teknik atau metode dalam  mengajarkan Pendidikan Agama Kristen.
  6. Dihasilkannya lulusan yang memiliki karakter yang sesuai dengan didikan Kristen.
  7. Dihasilkannya lulusan yang cakap dalam mengajarkan pendidikan Kristen dalam kehidupan bermasyarakat.
 
Strategi pencapaian:
Untuk mencapai sasaran di atas maka strategi yang dipakai adalah sebagai berikut:
  1. Peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut (lebih 50% tahun 2015 dosen sudah S3 dan 2025 semua dosen sudah S3 dan guru besar). Penyediaan sarana dan prasarana yang berkualitas, termasuk sistem informasi ICT yang dapat diakses secara meluas oleh seluruh civitas akademika, penelitian yang berkualitas dalam lingkup nasional dan internasional tetapi juga dengan membangun kemitraan dengan berbagai stakeholder baik regional, nasional, maupun internasional.
  2. Melibatkan Stakeholder, outcome dan pihak Yayasan dalam  menentukan kurikulum yang relevan dengan mewajibkan mahasiswa semester akhir untuk mengikuti praktek pengenalan lapangan (PPL) di sekolah-sekolah dalam rangka menyusunan tugas akhir serta memberikan bekal secara nyata kepada para mahasiswa tentang dunia pendidikan.
  3. Strategi pencapaian tergambar secara detail dan indikator sasarannya pada Renstra dan Renop Fakultas yang dilakukan dengan tahapan waktu yang jelas.